Kamis, 03 Januari 2013

Keadaan Geografi Minnesota

Minnesota adalah negara bagian AS utara selain Alaska, terisolasi Northwest yang Angle di Lake of the Woods adalah satu-satunya bagian dari 48 negara bagian yang bersebelahan berbaring utara Paralel ke-49. Negara adalah bagian dari wilayah AS dikenal sebagai Upper Midwest dan bagian dari wilayah Great Lakes di Amerika Utara. Saham negara perbatasan air Danau Superior dengan Michigan dan perbatasan darat dan air dengan Wisconsin ke timur. Iowa adalah ke selatan, North Dakota, dan South Dakota ke barat, dan provinsi-provinsi Kanada Ontario dan Manitoba ke utara. Dengan 86.943 mil persegi (225.180 km2), atau sekitar 2,25% dari Amerika Serikat, Minnesota adalah negara kedua belas terbesar.

Minnesota berisi beberapa batu tertua yang ditemukan di bumi, gneisses beberapa 3,6 miliar tahun, atau 80% setua planet. Sekitar 2,7 miliar tahun lalu., Lava basaltik dicurahkan dari retakan di lantai laut primordial, sisa-sisa ini batu vulkanik membentuk Shield Kanada di sebelah timur laut Minnesota. Akar gunung-gunung berapi dan tindakan dari laut Prakambrium membentuk Iron Range utara Minnesota.. Setelah periode vulkanisme 1,1 miliar tahun yang lalu, aktivitas geologi Minnesota telah lebih tenang, tanpa vulkanisme atau pembentukan gunung, tetapi dengan serangan berulang dari laut, yang tertinggal strata beberapa batuan sedimen.

Di masa yang lebih baru, lapisan es raksasa setidaknya satu kilometer tebal melanda lanskap negara dan diukir medan saat ini. The glaciation Wisconsin meninggalkan 12.000 tahun yang lalu. Ini gletser mencakup semua Minnesota kecuali jauh tenggara, suatu daerah ditandai oleh bukit-bukit curam dan anak sungai yang memotong batuan dasar. Daerah ini dikenal sebagai Zona Driftless untuk ketiadaan hanyut glasial. Sebagian besar sisa negara luar laut memiliki 50 kaki (15 m) atau lebih dari glasial sampai ditinggalkan sebagai gletser terakhir mundur.. Raksasa Danau Agassiz terbentuk di barat laut 13.000 tahun yang lalu. Tidur yang menciptakan Merah subur lembah Sungai, dan outflow nya, glasial Sungai Warren, mengukir lembah Sungai Minnesota. Minnesota secara geologis tenang hari ini,. Itu mengalami gempa bumi jarang, dan kebanyakan dari mereka adalah kecil.

Titik tinggi negara adalah Eagle Mountain di 2.301 kaki (m 701), yang hanya 13 mil (21 km) dari rendahnya 601 kaki (183 m) di tepi Danau Superior. Meskipun dramatis perbedaan lokal dalam elevasi, banyak negara adalah peneplain lembut bergulir.

Dua drainase utama membagi bertemu di bagian timur laut dari Minnesota di Hibbing pedesaan, membentuk tiga DAS. Pengendapan dapat mengikuti Sungai Mississippi selatan ke Teluk Meksiko, Saint Lawrence Seaway timur ke Samudera Atlantik, atau Hudson DAS Bay ke Samudra Arktik.

Julukan negara, The Land of 10.000 Lakes, adalah tidak berlebihan, ada 11.842 Minnesota danau lebih dari 10 hektar (0.040 km2) dalam ukuran. Bagian Minnesota Danau Superior adalah yang terbesar di 962.700 hektar (3.896 km2) dan terdalam. (pada 1.290 kaki (390 m)) badan air di negara bagian. Minnesota memiliki 6.564 sungai alami dan sungai yang mengalir secara kumulatif untuk 69.000 mil (111.000 km). Sungai Mississippi. memulai perjalanannya dari hulu tersebut pada Lake Itasca dan melintasi perbatasan Iowa 680 mil (1.090 km) hilir. Hal ini bergabung dengan Sungai Minnesota di Fort Snelling, oleh St Croix Sungai dekat Hastings, oleh Sungai Chippewa di Wabasha, dan oleh banyak sungai kecil . Sungai Merah, di tempat tidur dari Agassiz Danau glasial, mengalir bagian barat laut negara ke arah utara menuju Kanada Hudson Bay. Sekitar 10,6 juta hektar (42.900 km ²) dari lahan basah yang terkandung dalam perbatasan Minnesota, sebagian besar negara manapun kecuali Alaska.

1 komentar:

  1. Postingannya membantu^^ Gamsha~ Ohiya, kapan-kapan mampir ke www.nandadifny.blogspot.com ya. Gamsha~

    BalasHapus