Minggu, 20 Januari 2013

Merasa stres membuat depresi semakin parah

Stres memang mengganggu. Namun merasa bahwa Anda sedang stres justru membuat kondisi tersebut semakin parah, demikian menurut penelitian terbaru dalam American Journal of Cardiology.
Selain memperparah stres, memikirkan hal-hal yang memicu stres ternyata juga mengganggu kondisi jantung. Tepatnya, seseorang yang terlalu stres membuat risiko penyakit jantung koroner meningkat sebesar 27 persen.

"Ketika seseorang melaporkan bahwa dirinya stres, hal itu dijadikan sebuah indikator mengenai peningkatan aktivitas pada sistem saraf," tutur peneliti Donald Edmondson dari Columbia University Medical Center, seperti yang dikutip dari Today Health.

Dengan kata lain, jika manusia berada di tengah-tengah kondisi yang membuat stres, tubuh otomatis mempersiapkan respon tertentu. Misalnya, adrenalin membuat tekanan darah meningkat sehingga membahayakan kondisi jantung.

"Stres zaman sekarang biasanya dipicu dari pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, dan yang lain. Orang-orang pun berusaha menyelesaikan hal itu dalam sekali waktu, padahal tubuh juga berjuang dan perlu istirahat," tambah Edmondson.

Peneliti pun menyarankan sebaiknya tidak perlu merasa stres dengan keadaan sekitar yang sekiranya menyulitkan. Tetap berusaha lakukan dengan baik, optimis, dan percaya diri bahwa semuanya bisa diselesaikan semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar